Foto: Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Jakarta, SuaraRestorasi.com

Capaian pembangunan nonfisik harus menjadi perhatian serius karena memiliki peran penting dalam keberlangsungan proses pembangunan suatu bangsa.

“Pembangunan secara fisik memang penting bagi suatu negara, tetapi jauh lebih penting pembangunan nonfisik yang mampu melahirkan para pelaku pembangunan yang berkelanjutan bagi sebuah bangsa,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/11/2023).

Kementerian PPN/Bappenas mengembangkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPMas) yang ditujukan untuk mewakili ukuran capaian pembangunan nonfisik yang mampu memotret manusia Indonesia.

Pada 2021, pembangunan masyarakat Indonesia berada pada kategori sedang dengan capaian IPMas sebesar 62,85. Nilai untuk setiap dimensi, yakni dimensi inklusi sosial tercatat 56,37, dimensi kohesi sosial (78,08), dan dimensi pengembangan kapasitas masyarakat sipil (51,87).

Kementerian PPN/Bappenas menilai tingginya nilai dimensi kohesi sosial melebihi rata-rata capaian IPMas menunjukkan telah terjadi kesetaraan bagi setiap individu dan kelompok untuk dapat berpartisipasi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Menurut Lestari, alat ukur pembangunan nonfisik sangat penting, mengingat peran sumber daya manusia (SDM) sangat sentral dalam proses pembangunan nasional.

Rerie sapaan akrab Lestari menilai pembangunan nonfisik harus mampu melahirkan masyarakat dan anak bangsa yang mampu mewujudkan cita-cita para pendiri negeri, yaitu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Sektor pendidikan sebagai salah satu kanal untuk mewujudkan pembangunan nonfisik yang melahirkan generasi penerus yang tangguh dan berakhlak mulia, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Jawa Tengah II (Kudus, Demak, Jepara) itu, harus dibangun dengan menerapkan sistem pendidikan nasional yang adaptif dan mampu menjawab tantangan zaman.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap upaya mewujudkan SDM nasional melalui pembangunan nonfisik mendapat dukungan semua pihak. Hal itu penting agar proses pembangunan nasional dapat berkelanjutan dan didukung oleh seluruh masyarakat demi mewujudkan keadilan sosial dan kemakmuran yang merata di seluruh Nusantara. (sr)

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *