Foto: Ketua DPD Partai NasDem Klungkung Ketut Sukma Sucita.

Klungkung, SuaraRestorasi.com

Ketua DPD Partai NasDem Klungkung Ketut Sukma Sucita mengungkapkan perkembangan terkini pencalegan di Klungkung untuk Pileg 2024 dimana semua berkas bacaleg NasDem Klungkung dalam DCS (Daftar Calon Sementara) baik untuk DPRD Kabupaten Klungkung dan DPRD Bali semua sudah memenuhi syarat (MS).

Sukma Sucita juga menegaskan pihaknya optimis bisa merebut empat kursi atau satu fraksi gemuk di DPRD Klungkung dengan tambahan satu kursi diyakini datang dari Dapil Kecamatan Nusa Penida.

Lebih lanjut Sukma Sucita mengatakan semua bacaleg di semua tingkatan sudah memenuhi syarat (MS) dan Nasdem Klungkung optimis bisa meraih satu kursi di masing-masing kecamatan, termasuk di Nusa Penida.

“Semua sudah MS, baik Kabupaten, Provinsi sudah MS semua, memenuhi syarat, 100% semuanya. Dan untuk pencapaian Klungkung dari kondisi yang sekarang ini Astungkara target sangat optimis bisa tercapai masing-masing kecamatan 1 anggota dewan. Jadi 4 kursi, termasuk Nusa Penida karena sekarang di Nusa Penida masih kosong,” kata Sukma Sucita.

Sukma Sucita juga optimis dengan komposisi bacaleg yang ada saat ini bisa memenuhi semua target. Apalagi dengan adanya penambahan kursi dari dapil Nusa Penida, yakni dari 8 menjadi 9 kursi.

“Astungkara dengan kondisi sekarang dengan bacaleg yang kita ajukan yang sudah bergabung sangat berpotensi untuk mendapatkan satu kursi, karena salah satu adalah penambahan kursi dari Nusa Penida dari 8 jadi 9. Kalau Klungkung 9, kalau Dawan 6, kalau Banjarangkan 6, kalau dulu Banjarangkannya 7, karena dipindahkan ke Nusa Penida sesuai dengan pertambahan penduduk. Jadi totalnya 30 anggota dewan di DPRD Klungkung,” paparnya.

Sementara untuk dapil Nusa Penida, Nasdem Klungkung sangat optimis bisa merebut satu kursi, mengingat dapil tersebut diisi oleh bacaleg-bacaleg petarung. Sukma Cita mengatakan bahwa optimisme tersebut bukan tanpa alasan mengingat potensi atau bobot bacaleg Nasdem Klungkung saat ini sangat potensial dan berasal dari berbagai latarbelakang.

“Jadi unsur mantan kepala desa, dari unsur wiraswasta juga ada, dan kita sudah menyebar. Justru pencalegan ini menyebar, tidak dari satu posisi desa. Jadi sangat optimis dengan kondisi itu. Plus penambahan kursi ini merupakan peluang yang sangat luar biasa,” ungkap Sukma Sucita yang juga Anggota DPRD Kabupaten Klungkung itu.

Terkait kemungkinan adanya potensi penambahan kursi di daerah lain, seperti penambahan satu kursi di 3 dapil yang sudah ada masing-masing 1 kursi legislative NasDem, Sukma Cita mengatakan bahwa pihaknya melihat dari pondasi bacaleg yang dimiliki saat ini. Ia juga menyadari persaingan di luar Nusa Penida sangat ketat dengan semua incumbent yang luar biasa.

“Kita melihat dari pondasi bacaleg kita masih tetap bertahan seperti itu. Karena di luar Nusa Penida pertarungan justru sangat ketat sekali dengan semua incumbent yang sangat luar biasa. Terus kemudian ada juga pendatang-pendatang baru yang sangat luar biasa, jadi bisa bertahan ya sudah sangat bagus sekali,” pungkas Sukma Sucita yang juga Ketua Fraksi NasDem DPRD Klungkung itu. (sr)

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *