Foto: Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ratu Ngadu Bonu Wulla.

Jakarta, SuaraRestorasi.com

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ratu Ngadu Bonu Wulla, mengajak seluruh pihak bekerja sama untuk memasyarakatkan deteksi dini kanker payudara.

“Untuk penanganan kanker payudara diharapkan sekali semua lini bekerja dan yang digiatkan adalah deteksi dini. Ini penting sehingga bisa cepat diberikan penanganan kesehatan sebelum terlambat,” kata Ratu dalam diskusi daring bertema Pekerjaan Rumah dalam Memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (25/10/2023).

Ratu juga mendorong agar program Kementerian Kesehatan untuk menanggulangi kanker payudara semakin dimasifkan. Di antaranya, promosi kesehatan, perlindungan khusus, deteksi dini dan penanganan kasus.

Sedangkan untuk daerah-daerah yang belum ada pelayanan kesehatan terkait kanker payudara, Ratu mendorong kerja sama Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan agar tidak ada lagi daerah yang tidak terjangkau akses layanan kesehatan.

“Agar betul-betul tidak ada daerah yang tertinggal atau belum disentuh layanan kesehatan. Karena memang, usia 30 sampai 50 tahun perempuan itu yang berpotensi sekali untuk terkena kanker payudara,” tukas Legislator NasDem dari Dapil Nusa Tenggara Timur II (Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Kupang, Rote Ndao, dan Kota Kupang) itu. (sr)

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *