Foto: Ketua Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Karangasem, I Made Agus Kertiana.

Karangasem, SuaraRestorasi.com

Ketua Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Karangasem, I Made Agus Kertiana menegaskan momentum pemulihan pariwisata Bali harus dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk lebih serius menggali dan mengemas potensi pariwisata di Karangsem.

Baginya industri pariwisata walaupun sempat terpukul selama dua tahun di masa pandemi pandemi Covid-19, industri ini masih akan tetap menjadi DNA dan kekuatan ekonomi Bali dan khususnya juga di Karangasem. Karenanya diharapkan Pemkab Karangasem harus lebih serius mendongkrak peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor pariwisata.

“Seharusnya pemerintah lebih berani menggenjot pariwisata karena pariwisata jadi acuan PAD dan bisa berkelanjutan. Kita cari perbandingan dengan galian C. Kalau Galian C bisa habis, tapi kalau pariwisata tidak ada habisnya. Itulah yang perlu digali supaya regenerasi kita panjang,” kata Agus Kertiana, Sabtu (21/5/2022).

Anggota Komisi III DPRD Karangasem lantas berharap pariwisata di Karangasem juga bisa digarap dengan pendekatan green economy atau ekonomi hijau, sederhananya ekonomi yang ramah lingkungan. Atau dengan kata lain pengelolaan pariwisata yang ramah lingkungan.

“Jadi tercipta keseimbangan aspek ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan upaya pelestasian lingkungan. Sederhananya pariwisata yang memegang kuat nilai-nilai Tri Hita Karana,” imbuh tokoh yang dikenal dengan slogan “Jeg Sing Pocol” ini.

Politisi NasDem asal Banjar Rendang Tengah, Desa Rendang, Kecamatan Rendang ini mendorong Dinas Pariwisata Karangsem juga menggencarkan upaya promosi pariwisata dan merancang strategi baru di tengah kondisi keterbatasan anggaran.

“Mudah-mudahan Kadis Pariwisata bisa visioner terkait promosi pariwisata. Salah satunya daerah yang promosi pariwisata harus besar-besara adalah Karangasem. Buat tourism information menyajikan destinasi Karangasem di berbagai titik di Bali seperti Kuta dan Ubud serta optimalkan promosi ke luar negeri.  Memang banyak yang keluar tapi Astungkara jangka panjang banyak yang datang,” tutur Agus Kertiana.

Menurut tokoh yang dikenal sebagai wakil rakyat yang benar-benar merakyat dan juga seorang pengusaha dermawan ini, promosi pariwisata ini juga akan menjadi langkah strategis untuk menarik lebih banyak minat investasi masuk ke sektor pariwisata Karangasem.

“Ketika sudah kita bukan semuanya dan tunjukkan potensi wisata di Karangasem, wisatawan akan datang investor juga akan datang. Keduanya itu akan beriringan. Datangnya investasi ke Karangasem akan menjadi dampak ikutan dari promosi pariwisata yang efektif,” urainya.

Namun dirinya mengingatkan ketika sudah ada ketertarikan investor untuk berinvestasi di Karangasem jangan sampai melabrak aturan, atau malah aturannya terlalu berbelit-belit. “Yang membuat kecewa investor sudah datang kadangkala berbenturan dengan perizinan. Jadi memang harus diinformasik sejak awal,” pungkas Agus Kertiana. (sr-na)

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *