Foto: Para bakal caleg Partai NasDem Gianyar mengikuti orientasi caleg Partai NasDem di Gedung DPW Partai NasDem Bali, di Jalan Cok Agung Tresna Denpasar pada Rabu 21 Juni 2023.

Denpasar,SuaraRestorasi.com

Ketua DPD Partai NasDem Gianyar, I Wayan Saputra mengakui pertarungan kontestasi Pileg 2024 di Kabupaten Gianyar cukup berat tapi peluang untuk NasDem merebut kursi legislatif masih terbuka.

“Memang berat tapi peluang masih ada karena ada penambahan kursi di DPRD Gianyar dari 40 kursi ke 45 kursi di Pileg 2024. Jadi karena itu target kami tidak muluk-muluk. Mudah-mudahan dapat 2 sampai 3 kursi tercapi. Minimal dari nol menjadi ada dulu. Intinya pecah telur mengembalikan kursi di periode 2014-2019 yang ada 2 kursi,” ungkap Saputra dihubungi usai mengikuti orientasi caleg Partai NasDem untuk Kabupaten Gianyar dan Bangli yang digelar di Gedung DPW Partai NasDem Bali, di Jalan Cok Agung Tresna Denpasar pada Rabu 21 Juni 2023.

Selain penambahan kursi di DPRD Gianyar untuk Pileg 2024 juga ada penambahan dapil atau daerah pemilihan, yang awalnya hanya ada 5 dapil menjadi 7 dapil, artinya setiap kecamatan di Gianyar menjadi satu dapil tersendiri. Kondisi ini juga memberikan peluang lebih besar bagi NasDem merebut kursi legislatif di dapil tertentu terutama di dapil gemuk yang jumlah kursinya banyak seperti di Dapil Gianyar dan Dapil Sukawati yang masing-masing ada jatah 9 kursi legislatif.

Optimisme NasDem Gianyar juga semakin bertambah jika melihat profil para caleg yang tarung ke DPRD Gianyar. Misalnya ada dua caleg yang sudah pernah berpengalaman menjadi anggota DPRD Gianyar.

Pertama Dewa Mertajaya yang merupakan Anggota DPRD Gianyar periode 2014-2019 dari Partai NasDem yang kini tarung ke DPRD Gianyar dari Dapil Gianyar yang punya jatah 9 kursi legislatif. Kedua ada nama Made Rai Arimbawa yang merupakan Anggota DPRD Gianyar periode 2014-2019 dari Partai Hanura dan kini nyaleg ke DPRD Gianyar dari Dapil Sukawati yang juga punya jatah 9 kursi legislatif

“Kedua tokoh ini sudah pernah berpengalaman pernah di legislatif dan juga berasal dari dapil gemuk. Jadi di dapil gemuk ini kami harapkan minimal ada satu-satu yang terpilih,” ungkap Saputra yang juga maju nyaleg ke DPRD Gianyar dari Dapil Payangan dengan jatah 4 kursi legislatif.

Saat ditanya mengenai kuota perempuan dalam pencalegan ke DPRD Gianyar, Saputra mengungkapkan jumlah sudah lebih dari 30 persen. Sedangkan untuk kursi caleg DPRD Bali dari Dapil Gianyar juga semua sudah terisi lengkap. (sr)

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *