Ngayah NopengNgayah Nopeng

Tabanan, SuaraRestorasi.com – Ditengah kondisi pandemi yang tak kunjung usai, DPD Partai NasDem Tabanan dibawah naungan Ida Bagus Putu Widiadnyana melakukan berbagai terobosan untuk tetap bisa dekat dengan masyarakat.

Salah satu program yang diusung adalah “Ngayah Nopeng”. Program ngayah nopeng merupakan suatu bentuk upaya dari DPD NasDem Tabanan dalam melestarikan seni dan budaya Bali. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Bidang Seni dan Budaya DPD Partai NasDem Tabanan, I Wayan Suthardja.

“Dalam era globalisasi seperti saat ini, seni dan budaya Bali perlahan-lahan semakin kurang diminati oleh masyarakat. Adanya program ngayah nopeng ini merupakan upaya Partai NasDem dalam melestarikan seni dan budaya Bali agar tetap selalu ajeg lan lestari,”ungkapnya.

I Wayan Suthardja
Ketua Bidang Seni dan Budaya DPD Partai NasDem Tabanan

Menurut keterangannya, program ngayah nopeng ini telah berjalan dari beberapa bulan yang lalu dan dilaksanakan di khayangan atau pura umum. “Program ngayah nopeng ini sudah berjalan beberapa bulan dan kami sudah sempat ngayah di beberapa pura di Tabanan,” kata Wayan Suthardja.

Wayan Suthardja juga mengapresiasi langkah DPD NasDem Tabanan dalam mengusung program ngayah nopeng tersebut. Ia berkata bahwa program ngayah nopeng ini menjadi sangat penting untuk masyarakat, terlebih salah satu unsur yang sering ditemui dalam sebuah perhelatan yadnya adalah wewalen atau pertunjukan seni. Salah satunya tari topeng.

“Tari topeng sendiri bisa difungsikan sebagai tari wali, bisa juga sebagai tari balih-balihan. Keduanya sama-sama bersifat menghibur sekaligus menambah suasana sakral bagi yadnya yang digelar,”sebutnya.

Adanya program ngayah nopeng ini, seluruh masyarakat Tabanan yang menggelar yadnya dan membutuhkan wewalen tari topeng dapat mengundang tim pengayah nopeng Partai NasDem Tabanan. Caranya dengan datang langsug ke sekretariat DPD Partai NasDem Tabanan yang beralamat di Jalan By Pass Ir. Soekarno, Banjar Gerokgak Gede, Desa Delod Peken, Tabanan.

Wayan Suthardja juga berpesan bahwa partai politik sudah saatnya mengabdikan diri kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya mengabdikan diri dalam tujuan untuk melestarikan nilai seni dan budaya Bali sehingga dapat dilestarikan dan dilanjutkan oleh generasi penerus.

“Sebagai orang baru di Partai NasDem, khususnya di Partai NasDem Tabanan, saya sangat salut dengan semangat demokrasi dan jiwa aspiratif ketua DPD NasDem Tabanan (Ida Bagus Putu Widiadnyana, red). Beliau menerima setiap ide kader, sepanjang itu positif dan program ngayah nopeng ini salah satu buktinya,” terang seniman topeng asal Tabanan ini.

“Kami berharap dengan adanya program ngayah nopeng ini dapat menggerakan masyarakat untuk ikut serta dalam pelestarian seni dan budaya Bali serta menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal budaya Bali, sambung Wayan Suthardja. (sr-gs)

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *